Siapa Bilang Sulit? Yuk, Ketahui Kiat-Kiat Mudah Masak Lobster di Rumah!

Meskipun masih harus merogoh kocek agak dalam untuk membelinya, lobster kini telah bukan menjadi barang abnormal di Indonesia. Sekian tahun terakhir ini kian banyak budidaya lobster di negeri ini, sehingga makin lengkap rasanya mengenang Republic of Indonesia adalah negara bahari. Hasilnya, kini bertambah banyak kedai makanan dan penduduk yang mengolah lobster sendiri. Meski demikian, bagaimana sih cara masak lobster itu? Nah, itu yang hendak kita bahas hari ini!


Namanya crustacean, hewan-binatang sejenis ini memang didesain mempunyai tempurung yang cukup tebal dan capit yang besar. Kalau kepiting, kita sudah mengenalnya semenjak usang. Tapi bagaimana dengan lobster? Cara penanganannya sedikit berlainan, namun soal cara masak ataupun membumbuinya mungkin masih sebelas dua belas.


Berikut kita simak bersama, yuk, apa saja yang mesti diperhatikan dalam rangka masak lobster!


i. Mengetahui kesegarannya


Berbeda dengan ayam ataupun ikan, menetapkan untuk masak lobster bermakna kita tengah menyiapkan hal yang spesial. Sehingga inilah mengapa kesegaran dan kualitas lobster menjadi prioritas paling utama. Pertama, usahakan menerima lobster yang masih hidup. Ini mampu dilihat dari gerakannya yang sarat semangat pada kaki, capit, dan juga ekornya. Lobster mampu hidup beberapa hari sehabis keluar dari air, namun tetap harus kita tangani dengan baik. Lobster yang mulai lemah pergerakannya membuktikan bahwa kita harus memasaknya segera.


Maka mampu disimpulkan bila lobster yang telah mati semestinya dikesampingkan sebab kualitas dagingnya sudah sangat menurun. Alternatifnya, lobster yang dibekukan bisa juga kita pilih.


ii. Cara menyembelih lobster


Hasil masak lobster dengan cara merebus dalam panci.
Merebus lobster yaitu cara mematikan lobster sekaligus memasaknya secara efisien. (Foto: Shutterstock)

Jangan dulu terkejut dengan judulnya, ya, namun inilah tahap sangat krusialnya. Sebelum masuk ke tahap masak lobster, setidaknya ada dua cara lazim yang mampu kita pakai dalam rangka mematikan lobster. Kedua cara ini tetap mesti melalui fase membekukan lobster selama 20-xxx menit. Tujuannya ialah semoga indranya menumpul dan proses “menyembelih” lobster menjadi lebih manusiawi serta mudah.


Cara pertama yaitu dengan merebusnya di dalam panci berukuran besar berisi air mendidih. Masukkan kepalanya terlebih dulu secara perlahan tetapi niscaya. Lanjutkan dengan menutup panci dan menunggu hingga akhir. Cara kedua ialah dengan menusuk bagian kepalanya kemudian membelahnya. Wah, agak menakutkan mendengarnya memang, namun ini adalah cara yang sama klasiknya. Hanya saja opsi ini tidak terlampau direkomendasinya alasannya adalah hemolymph atau darahnya lobster mampu mengontaminasi proses masak sehingga dagingnya tidak seenak sebaiknya.


three. Siapkan panci yang besar


Wah, jangan sampai ketika dua tahap tersebut dilalui, kita baru sadar jikalau tidak memiliki panci yang seukuran dengan lobster yang mau dimasak. Jauh sebelum membelinya, kita perlu berinvestasi terlebih dulu perihal ukuran yang pas. Lobster datang dalam ukuran yang berlawanan-beda, maka kita juga perlu memilih ukuran yang sempurna dan sesuai dengan panci yang dimiliki di rumah.


4. Cara masak lobster


Hasil masak lobster thermidor tersaji bersama salad di atas piring.
Lobster thermidor asal Prancis yaitu salah satu hidangan lobster terpopuler dengan rasa yang kaya. (Foto: Shutterstock)

Banyak cara untuk mengolah masakan lobster. Dari merebusnya, mengukus, memanggang, sampai roasting ataupun baked.


Untuk kali ini, kita coba dulu cara merebus karena ialah proses yang paling sederhana. Sekaligus ini melanjutkan proses mematikan lobster tadi. Pertama, siapkan air garam yang banyak dan rebus hingga mendidih. Kemudian masukkan bab kepala apalagi dulu dalam panci, tutup rapat, dan didihkan kembali. Jaga supaya suhunya tetap stabil dan air tidak tumpah keluar panci. Setelah lobster menjadi memerah dan matang, tiriskan dan tunggu v menit sebelum dipecahkan. Lama merebus untuk lobster berukuran i/2 kg ialah sekitar five-half dozen menit dan digandakan sesuai kelipatan dua beratnya.


Selanjutnya, lobster bisa dicicipi dengan berbagai jenis saus. Kalau ingin menikmati rasa aslinya, lobster yang segar begitu enak bila dirasakan begitu adanya. Untuk rasa yang praktis, mampu juga cuma menggunakan mentega. Tapi orang Republic of Indonesia sepertinya lebih menyukai yang kaya akan bumbu, sehingga saus Padang tampaknya menjadi opsi mempesona. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel