Manfaat Vitamin C dan Bahan Makanan yang Kaya akan Kandungannya

Vitamin C merupakan salah satu pemanis yang dibutuhkan oleh insan sehari-hari. Di masa modern, banyak sumber makanan yang dapat menyanggupi kebutuhan vitamin C harian. Saat cuaca tidak akrab atau saat kala pandemi, mengonsumsi vitamin C menjadi salah satu hal yang dilarang luput dari agenda harian. Namun tak cuma untuk membantu mempertahankan metode imun, masih banyak juga, lho, faedah vitamin C lainnya.


Di potensi kali ini, Tim MAHI akan mengembangkan ihwal beragam faedah yang lain serta materi masakan rekomendasi yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi.


Manfaat vitamin C selain untuk mempertahankan metode imun


Ada beberapa faedah vitamin C yang sebenarnya masih salah kaprah ataupun kurang disokong riset yang ada. Namun untuk yang telah disokong oleh hasil riset, berikut setidaknya tiga faedah vitamin C yang perlu untuk dikenali.


Beragam potongan buah jambu klutuk dengan background putih.
Jambu klutuk yakni salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. (Foto: Shutterstock)

ane. Menangkal radikal bebas


Menurut Medline Plus, pusat berita kesehatan nasional Amerika Serikat, vitamin C dapat berperan penting dalam menghalangi kerusakan badan akibat radikal bebas. Ini dapat berasal dari pemupukan polusi, radiasi, serta hasil sisa pemecahan kuliner, dan juga merupakan penyebab dari penuaan dini. Mengonsumsi vitamin C secara cukup dipercaya mampu melindungi tubuh kita dari bermacam-macam hal tersebut.


2. Menanggulangi sariawan


Sariawan yang kita pahami kini mungkin yaitu model lebih ringannya ketimbang dulu ketika pertama ditemukan. Jaman kini kita dapat dengan gampang memasok tubuh kita dengan asupan vitamin C secara terjadwal untuk menanggulanginya. Padahal, kelemahan vitamin C selama sebulan mampu banyak fungsi badan yang lain mengalami masalah. Dahulunya, ini banyak menjadikan ajal, terutama di kelompok para pelayar pada masa 16-19.


3. Menurunkan resiko serangan jantung


Menurut WHO, serangan jantung ialah penyebab akhir hayat tertinggi di seluruh dunia. Gabungan 9 studi yang menguji ratusan ribu partisipan selama 10 tahun punya kesimpulan menarik. Mereka yang mengonsumsi embel-embel vitamin C setiap harinya dapat meminimalkan 25% resiko terkena penyakit jantung. Asupan suplemen ini mampu menurunkan aspek-aspek pemicu mirip trigliserida dan kolesterol LDL.


Bahan masakan yang memiliki vitamin C tinggi


Ternyata tidak sulit, kok, memenuhi asupan vitamin C sehari-hari dari materi makanan yang kita sering jumpai. Kaprikornus sesungguhnya kita tidak perlu senantiasa sedia suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian. Cukup dengan mengolah materi-bahan makanan ini dengan baik, maka nutrisi kita juga terpenuhi dengan sendirinya. Tapi, apa saja sih materi-bahannya? Berikut adalah beberapa di antaranya.


Berbagai lembaran daun kale dengan background putih.
Tenar bertahun-tahun belakangan ini, kale ialah superfood kesukaan penganut vegetarian. (Foto: Shutterstock)

1. Jambu


Selain rasanya yang elok serta aromanya yang segar, jambu klutuk juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Tak banyak yang tahu, namun kandungan vitamin C jambu klutuk ternyata lebih tinggi dari jeruk, lho. Kandungan 228,three mg vitamin C per 100 gr jambu menjadikannya 4 kali lipat lebih besar dari pada kandungan vitamin C dalam jeruk.


2. Paprika


Jeruk yang senantiasa jadi ikon vitamin C, ternyata hanya mempunyai ⅓ kandungannya dibandingkan paprika kuning. Menariknya, mungkin selama ini kita menilai paprika merah yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi, ternyata justru paprika kuning-lah juaranya. Berturut-turut kandungan vitamin C dari paprika kuning, merah, dan hijau per 100 gram ialah 183 mg, 128 mg, dan lxxx mg.


three. Kale


Digadang-gadang selaku superfood dan harganya yang cukup fantastis, kale memang telah menjadi tren keseharian para penganut vegetarian beberapa tahun terakhir ini. Sayuran yang satu ini memang cocok dijadikan selaku unsur pada salad atau diolah ringan semoga nutrisinya tidak menyusut drastis. Ia memiliki kandungan 120 mg vitamin C per 100 gram-nya.


iv. Brokoli


Terpaut di urutan yang sama dengan brokoli yaitu buah kiwi. Keduanya mempunyai kandungan xc mg/100 gram-nya. Sayuran yang satu ini juga sekarang makin mudah untuk ditemukan dan harganya terjangkau. Brokoli juga mudah untuk diaplikasikan ke banyak sekali kuliner dan dipadukan dengan bahan lainnya. Bahwasanya anak-anak tidak menyukainya mungkin cuma mitos belaka. Maka inilah waktunya untuk menimbulkan brokoli sebagai sumber nutrisi yang juga yummy di rumah.


v. Nanas


Buah yang sering kita peroleh selaku topping pizza ini memiliki kandungan vitamin C yang sungguh tinggi. Selain itu, nanas juga mampu berperan sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk kesehatan lambung serta pada mempercepat pemulihan luka. Sebagai orang Republic of Indonesia, buah yang sangat tropikal ini bisa dimanfaatkan ke dalam berbagai kuliner ataupun kudapan manis.


Terakhir, yang perlu diamati dalam memasak materi kuliner tersebut yakni durasi dan tata cara mengolah makanan – demi mempertahankan manfaat vitamin C sepenuhnya. Yuk, kombinasikan bahan-bahan kuliner tadi ke dalam card masak di rumah. Simak bab resep dari Masak Apa Hari Ini untuk inspirasi resep hari ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel