5 Resep Masakan Jawa yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Sedang mencari resep kuliner Jawa Timur sebab kangen wisata kuliner? Yuk, isi acara di rumah dengan menciptakan hidangan khas berbagai daerah di Republic of Indonesia!


Berikut ini beberapa carte terkenal  yang wajib banget kau coba masak sendiri di rumah.


ane. Nasi Krawu, resep masakan Jawa yang khas


Ciri khas dari nasi krawu yaitu dihidangkan bersama dua warna poyah kelapa atau serundeng kelapa, yaitu poyah merah dan poyah kuning. Banyak sumber yang menyampaikan nasi rames ini bahwa rasal dari Gresik. Meski begitu, konon katanya nasi krawu dibawa oleh para pendatang dari Madura.


Perpaduan serundeng merah dan kuning dengan daging suwir kaya bumbu bikin nasi krawu diminati banyak orang. Istilah krawu berasal dari kata krawuk yang dalam bahasa Jawa bermakna mengambil dengan tangan.  Namun, kata krawu juga merujuk pada serundeng atau olahan kelapa yang umumnya diambil menggunakan tangan oleh penjual ketika membungkus nasi krawu.


Berikut adalah resep nasi krawu untuk kau coba.


ii. Rujak Soto, yang terkenal dari Banyuwangi


Rujak Soto khas Banyuwangi.
Kombinasi Rujak dan Soto khas Banyuwangi (Foto: MAHI)

Seperti namanya, rujak soto ialah masakan khas Banyuwangi yang merupakan perpaduan menu soto dengan rujak. Bagi yang pernah mendatangi kota pesisir Jawa Timur ini niscaya pernah mendengar atau mungkin menjajal sajian unik dengan rasa menyegarkan ini. Menariknya, kuliner ini di tempat asalnya banyak ditemukan di kedai-kedai sederhana. Bukan hanya disenangi oleh warga lokal, rujak soto telah diketahui sebagai picture masakan Banyuwangi di mata para turis.


Berikut adalah resep lengkap rujak soto.


three. Soto Madura, terkenal di seantero negeri


Penyuka soto mungkin tak abnormal dengan cita rasa soto Madura. Tapi kalau kamu belum pernah menyicipnya, resep ini mampu kau coba di rumah. Soto daging sapi dengan kuah kuning ini paling pas dihidangkan untuk menyambut trend hujan atau sebagai card hangat dikala sedang kumpul keluarga.


Berikut adalah resep lengkap soto Madura.


four. Lontong Balap, kebanggaan orang Surabaya


lontong balap
Sajikan lontong balap untuk sarapan tamat pekan, yuk!

Kalau bukan di Surabaya, sulit rasanya memperoleh penjaja lontong balap. Setuju, kan? Hidangan lontong kuah ini biasanya disuguhkan dengan satai kerang sebagai lauk pendampingnya. Sediakan waktu di akhir pekan untuk bikin hidangan eksotik ini, yuk!


Simak resep lengkap lontong balap di sini.


v. Tahu Telur, paling nikmat untuk makan malam


Kalau resep yang ini niscaya kamu tidak ragu untuk tergesa-gesa mencobanya. Dengan bahan-bahan sederhana mirip tahu dan telur, kau pasti bisa mengolahnya kapan saja. Sebagai wangsit, bill of fare ini kadang kala dijajakan oleh penjualkaki lima di malam hari. Nah, kamu juga mampu menyajikannya selaku card makan malam sederhana di rumah.


Inilah resep lengkap tahu telur khas Surabaya.


Supaya lebih seru, jadwalkan aneka resep kuliner Jawa Timur ini ke dalam daftar card bulanan secara berselang-seling. Jangan lupa untuk selalu sedia petis di dapur sebab ada aneka macam resep sedap Jawa Timur yang khas dengan bumbu petis. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel