5 Resep Masak Jamur Sedap dan Mudah Sesuai Jenisnya

Jamur jadi salah satu jenis sayuran yang bisa dimasak dengan banyak cara, mulai dari ditumis, digoreng, sampai direbus. Ada aneka resep masak jamur yang mampu dicoba, sesuai dengan jenis jamur yang kau punya di rumah.


Berbeda jenis, beda pula jenis masakan yang cocok. Misalnya saja untuk jamur crispy yang lebih cocok menggunakan jamur tiram. Nah, supaya tak salah pilih, berikut lima resep masak jamur yang mampu kamu pilih sesuai jenisnya, ya!


i. Jamur tiram


Jamur tiram jadi salah satu jenis jamur yang paling gampang didapatkan. Bentuknya lebar mirip payung namun pipih. Warnanya putih dan teksturnya lembut. Tak cuma gampang ditemukan, kamu juga mampu mencoba aneka resep masak jamur tiram, mulai dari dari tumis jamur hingga jamur crispy.


Agar lebih Istimewa, kau mampu menjajal menciptakan resep jamur crispy dengan saus Padang. Olahan ini mampu dihidangkan di sore hari selaku camilan, atau jamuan saat ada program nge-teh sore. Simak resep jamur crispy saus Padang ini!


ii. Jamur shiitake


Semangkuk sapo tahu jamur di atas napkin cokelat.
Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang enak. (Foto: MAHI)

Jamur shiitake berasal dari Asia Timur. Bentuknya seperti sekali dengan payung dan berwarna kecokelatan. Tak cuma mampu menjadi makanan sehari-hari, jamur shiitake juga dipercaya sebagai flora obat.


Salah satu resep kuliner yang mampu kau hadirkan ialah sapo tahu tiga jamur. Hidangan yang kerap disuguhkan di kedai makanan Peranakan ini tidak terlalu sukar untuk dicoba di rumah. Simak resep sapo tahu tiga jamur ini dan sajikan dengan nasi hangat!


three. Resep masak jamur kancing


Jamur kancing atau champignon berupa payung agak lingkaran seperti kancing. Biasanya jamur kancing berwarna putih atau krem muda. Jenis jamur ini juga cukup mudah didapatkan. Konon katanya, ini ialah jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.


Dibanding jenis jamur lain, jamur kancing punya tekstur yang padat dan tidak gampang hancur. Jamur ini sering jadi pilihan untuk mushroom sauce pada pasta atau steak. Kamu juga bisa berimprovisasi menciptakan risoles isi jamur kancing yang enak. Resep risoles satu ini mampu kamu ikuti.


iv. Jamur shimeji


capcay jamur shimeji
Capcay yang selalu istimewa sekarang menjadi lebih Istimewa berkat jamur shimeji. (Foto: Lina Tjoandra)

Jamur shimeji berasal dari Jepang. Tangkai jamur berskala lebih panjang dari jamur lainnya dan lebih tipis. Bentuk payungnya pun lebih kecil dan membuatnya mudah dikenali. Ada dua tipe ialah yang berwarna cokelat dan juga putih.


Jenis jamur ini juga mampu diracik jadi beragam bill of fare dan salah satunya yakni capcay. Ya, bila lazimnya capcay berisikan beragam sayuran, kamu juga bisa berkreasi memakai jamur shimeji sebagai pemeran khususnya. Lihat resep capcay jamur shimeji yang gampang disertai ini!


5. Jamur telinga


Siapa yang tak kenal jamur telinga ? Jamur berwarna cokelat yang memang ibarat telinga ini sering hadir dalam masakan Republic of Indonesia. Jamur telinga punya tekstur yang lebih chewy sekaligus renyah dibanding jamur lainnya.


Salah satu resep masak jamur yang bisa kamu coba adalah tumis sawi jamur. Perpaduan dua sayuran tersebut mempunyai harmoni yang cocok di lidah orang Indonesia. Cara menjadikannya pun cukup mudah, lho, bisa dicoba oleh pemula. Simak resep tumis sawi jamur ini!


Memasak jamur jadi tak perlu bingung lagi. Kamu mampu berkreasi menciptakan aneka carte du jour dengan opsi resep dari MAHI. Selamat mencoba!


 


 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel