5 Cara Mengolah Bebek Agar Tidak Bau Amis

Punya rasa yang gurih dan legit, olahan bebek kadang-kadang jadi carte du jour favorit. Sebut saja nasi bebek Madura, bebek lado mudo, ataupun bebek goreng kremes. Namun sayangnya, tak siapa pun suka mengolah makanan bebek. Berbeda dengan ayam, cara mengolah belibis memang punya tingkat kesulitan tersendiri.


Bebek punya tekstur daging yang relatif lebih alot dan odour yang lebih busuk. Hal ini sungguh dipengaruhi oleh usia angsa dan cara mengolahnya. Semakin renta usia angsa, dagingnya makin alot. Bau amis pada bebek juga umumnya bersumber pada bab tunggir atau ekornya.


Lima cara mengolah belibis bebas amis


Untuk itu, kali ini tim MAHI menyebarkan trik sederhana cara mengolah angsa supaya tak bau bacin. Apa saja itu?


i. Mencuci dengan jeruk nipis


Cuci angsa pada air mengalir menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis sudah diketahui ampuh dalam menghilangkan amis amis, mulai dari angsa, ikan, hingga cumi. Lumuri belibis dengan jeruk nipis, namun tak perlu direndam. Merendam unggas dengan buah kaya vitamin C akan menjadikannya cepat hancur. Diamkan beberapa waktu lalu pribadi bilas.


ii. Membuang bagian tunggir


Satu ekor bebek mentah di atas papan kayu dan ada pisau di sampingnya.
Salah satu cara mengolah bebek yaitu dengan memotong bab tunggir untuk hilangkan bacin amis. (Foto: Shutterstock)

Tunggir atau kerap disebut brutu ialah bab pantat belibis yang perlu diamati dikala mengolah binatang unggas ini. Kelenjar minyak terdapat di erat pantat angsa sehingga menjadi sumber busuk anyir pada angsa. Untuk itu, langsung potong bab tunggir ketika mencuci belibis. Iris dengan hati-hati biar potongannya tetap rapi.


3. Merebus dengan air rempah


Wangi rempah yang pekat juga mampu menghilangkan anyir amis pada belibis. Rebus belibis yang sudah dicuci menggunakan beberapa rempah mirip daun salam, serai, kunyit, lengkuas, dan daun jeruk. Rebus selama kurang lebih selama satu jam. Kita juga bisa menggunakan air rebusan rempah sebagai bahan perendam supaya tekstur bebek menjadi lebih empuk. Wangi rempahnya akan menciptakan hidangan angsa semakin lezat!


4. Melumuri dengan buah nanas


Dua buah nanas, salah satunya dipotong dan pisau di sampingnya dan merupakan cara mengolah bebek agar tidak anyir.
Potongan nanas mampu menghilangkan bau bau pada belibis. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah bebek berikutnya adalah dengan memakai buah nanas. Wangi nanas yang pekat dan cantik diandalkan dapat mengalahkan bacin busuk pada belibis. Kandungan enzim bromelain pada buah nanas juga dapat mengempukkan daging belibis.


Lumuri daging belibis dengan nanas yang telah dilumatkan terlebih dulu. Lalu diamkan beberapa saat. Jangan merendam daging bebek dengan nanas terlalu lama alasannya bisa membuatnya hancur. Cara ini juga berlaku untuk daging kambing atau daging sapi.


5. Memanggang dengan posisi menggantung


Langkah kelima ini sedikit lebih menantang dibandingkan yang lain. Namun, cara ini mampu jadi paling ampuh dalam menghilangkan anyir wangi pada bebek. Gantung bebek di atas pembakaran api dengan posisi tunggir di bawah. Biarkan lemak pada tunggir angsa meluruh terbakar sehingga busuk amisnya perlahan menghilang.


Demikian lima cara mengolah belibis supaya tidak bau busuk yang mampu kita coba. Tak perlu lagi ragu berkreasi dengan masakan, apapun bahannya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel