5 Makanan Sehat Ibu Hamil di Trimester Pertama yang Wajib Kamu Tahu

Hamil trimester pertama kadang menjadi saat-dikala menantang untuk para ibu. Salah satunya ialah dikala menentukan masakan sehat ibu hamil yang yummy dan tidak bikin mual. Pada tiga bulan pertama kehamilan, kuliner berperan sungguh penting untuk pembentukan struktur tubuh dan otak. Memilki asupan makanan di dikala ini tidak mampu diabaikan.


Jenis masakan sehat ibu hamil


Ada beberapa kandungan penting yang diperlukan ibu hamil, seperti asam folat, zat besi, dan poly peptide. Kandungan tersebut mampu kita peroleh dari bahan kuliner yang umum kita temukan sehari-hari. Berikut masakan sehat ibu hamil untuk trimester pertama.


ane. Brokoli


Sayuran hijau ini jadi salah satu masakan sehat ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin. Brokoli mengandung kalsium, asam folat, vitamin C, hingga antioksidan yang mampu menunjang pertumbuhan janin. Misalnya saja kandungan vitamin 1000 untuk pertumbuhan tulang. Selain untuk janin, brokoli juga membantu menjaga badan ibu. Kandungan zat besi dan asam folat menghalangi terjadinya anemia pada ibu hamil.


Ada ragam kuliner brokoli yang dapat dicoba. Agar tetap yummy di pengecap, kamu bisa menjajal resep tumis brokoli saus jamur atau sup krim ayam brokoli. Tambahan jamur atau ayam mampu melengkapi kebutuhan protein ibu hamil.


2. Ikan Kembung


Ikan kembung kukus asam cocok sebagai menu utama.
Ikan kembung kukus asam, pilihan sehat sekaligus lezat. (Foto: MAHI)

Olahan ikan yang mengandung asam lemak omega-three sungguh dianjurkan untuk ibu hamil. Selain salmon, kamu juga mampu menentukan ikan kembung. Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 2,ii gram omega-three, sedangkan dalam 100 gram ikan salmon hanya tedapat ane,vi gram omega-iii. Dengan harga yang lebih murah, kau mampu mendapatkan manfaat lebih banyak.


Namun, tentukan juga untuk menentukan yang berkualitas alasannya adalah ada saja resiko kandungan merkuri. Pastikan juga memasaknya hingga benar-benar matang. Olahan yang mampu kau buat di rumah adalah resep ikan kembung kukus.


iii. Buah dengan Warna Berbeda


Untuk memenuhi keperluan serat, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang boleh dimakan yaitu avokad, pepaya, kiwi, melon, mangga, dan stroberi. Sebaiknya, setiap hari ibu hamil mengonsumsi buah-buahan dengan variasi warna yang berlawanan semoga nutrisinya semakin lengkap.


Penyajian buah mampu sesederhana diiris-potong saja. Namun, kalau ingin lebih cepat, ibu juga bisa menciptakan jus buah seperti jus alpukat, jus stroberi, ataupun jus jeruk. Hanya saja, hindari menyertakan gula yang berlebih ya, terlebih gula buatan. Jika ingin lebih bagus, ibu bisa juga tambahkan madu.


iv. Kacang Hijau


Bubur kacang hijau klasik.
Inilah bubur kacang hijau klasik yang selalu dirindukan. (Foto: Shutterstock)

Kacang hijau mampu dibilang superfood alasannya adalah memang padat gizi. Kacang hijau kaya akan serat, protein, asam folat, karbohidrat, dan mineral. Tak heran bila dia masuk ke dalam daftar masakan sehat ibu hamil.


Protein pada kacang hijau menolong perkembangan organ tubuh janin. Karbohidrat pada kacang ini juga dapat menunjukkan energi yang stabil untuk ibu hamil. Lihat resep bubur kacang hijau yang yummy untuk makanan ringan yang sehat di pagi maupun sore hari.


5. Telur


Tak banyak waktu untuk memasak? Olahan telur bisa jadi solusinya. Telur mampu membantu memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Kandungan kolin pada telur dapat menolong perkembangan jaringan otak juga menghalangi terjadinya cacat bawaan lahir.


Ada ragam olahan telur yang bisa dibentuk di rumah. Sebaiknya, masak telur sampai matang agar terhindar dari basil. Resep telur gembung dan tahu telur mampu juga kamu pilih.


Demikian lima makanan sehat ibu hamil yang bisa kau coba. Jangan lupa konsultasikan kondisi kehamilan terhadap dokter kandungan untuk mendapatkan anjuran yang lebih maksimal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel